Inilah 4 Penyebab Mengapa Anda Harus Menghindari Minum Air Es

Saat matahari sedang terik atau suhu udara meningkat memang sangat menyegarkan jika anda meminum air es. Bahkan mayoritas masyarakat Indonesia sudah menjadikannya sebagai salah satu kebiasaan dan karenanya sulit untuk melarang hal itu semua. Meski memang terdapat sejumlah alasan kesehatan mengapa anda seharusnya menghindari mengkonsumsi minum air es.

Mengutip dari The Health Site berikut alasan yang dimaksud :

Mengganggu Pencernaan

Suhu udara yang rendah yang masuk ke dalam tubuh akan membuat proses pencernaan akan mengalami gangguan. Pembuluh darah akan mengerut dan membuat kerja dinding usus jadi terganggu. Untuk membuat pencernaan jadi lancar, maka anda harus membuat suhu tubuh sesuai dengan suhu es itu sendiri. Terganggunya sistem pencernaan justru akan membuat beberapa nutrisi penting tidak terserap dengan baik.

Nutrisi Makanan tidak Terserap

Mungkin anda akan makan dengan mengkonsumsi nasi dan sayur, serta minum air es. Hal ini akan membuat anda menyia-nyiakan beberapa nutrisi yang mungkin ada dalam makanan tersebut karena proses pencernaan dan penyerapan nutrisinya terganggu. Hal ini dikarenakan tenaga di dalam tubuh habis karena harus menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu air es yang masuk ke dalam tubuh. Untuk diketahui bahwa suhu normal di dalam tubuh adalah 37 derajat celcius. Jika hal ini terus menerus terjadi maka dikhawatirkan anda akan kekurangan gizi.

Sakit Tenggorokan

Air yang memiliki suhu yang dingin akan membuat mukosa atau lapisan pelindung saluran pernafasan menjadi menumpuk. Hal ini bisa membuat infeksi di tenggorokan dan menyebabkan sakit. Hal ini juga akan berdampak pada batuk-batuk.

Menurunnya Detak Jantung

Suhu rendah es dapat mempengaruhi kondisi detak jantung yang rentan akan menurun. Dari penelitian hal ini disebabkan karena adanya faktor yang mempengaruhi saraf vagus.

Inilah 4 Penyebab Mengapa Anda Harus Menghindari Minum Air Es | yazidku | 4.5