Inilah Akibat Remaja Banyak Mengkonsumsi Kafein

Kafein adalah zat yang harus dikontrol jumlahnya ketika dikonsumsi oleh manusia. Apalagi jika anda adalah seorang remaja, jangan sampai anda berlebihan dalam mengkonsumsinya. Dimana kandungan zat kafein yang berlebihan di dalam tubuh dapat membuat tubuh anda mengalami gangguan kesehatan. Sementara beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan kafein itu sendiri antara lain adalah kopi, teh, cokelat, soda, dan minuman berenergi.

Jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh manusia di usia remaja hanya sebatas 100 miligram per harinya. Tentunya jumlah ini sendiri lebih sedikit dibandingkan jumlah kafein yang mampu diserap oleh tubuh orang dewasa yang mencapai 400 miligram seharinya. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Akademi Pediatri Amerika, anak-anak justru tidak disarankan untuk mengkonsumsi kafein sama sekali.

Adapun efek samping yang mungkin akan terjadi jika anda memasukkan kafein ke dalam tubuh sangat banyak sekali. Sebut saja diantaranya seperti insomnia, gelisah, mudah marah, naiknya denyut jantung, tremor otot, sakit perut, nyeri kepala, susah fokus, sampai naiknya tensi. Parahnya lagi, jika konsumsi kafein anda berlebihan dan terus menerus, maka yang terjadi justru penyakit yang lebih parah lagi.

Selain itu yang juga harus diketahui bahwa efek samping yang dialami oleh tubuh remaja dan dewasa tentunya berbeda. Pada usia remaja, kafein akan mempengaruhi mental dan fisiknya. Dimana jumlah kalsium jadi menurun dan kondisi jantungnya akan mengalami masalah. Sementara itu respon kafein bagi remaja pria justru lebih besar dibandingkan remaja perempuan.

“Orangtua tidak bisa selalu mengontrol apa yang dimakan anak, tapi bisa memberi edukasi mengenai batasan konsumsi kafein kepada mereka serta membiasakan minum air putih dan susu yang lebih sehat,” kata Amy Morin selaku pemerhati kesehatan remaja dan penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do, seperti dikutip laman Republika.

Inilah Akibat Remaja Banyak Mengkonsumsi Kafein | yazidku | 4.5