Pertimbangkan Hal Ini Dulu Sebelum Ajukan Kredit HP Online

Jika kamu termasuk generasi milenial yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan UMR Jakarta, sebetulnya kamu sudah bisa mengajukan kredit hp secara online dengan mudah tanpa kartu kredit ataupun tanpa DP. Apalagi jika handphone yang kamu idamkan digunakan untuk menunjang pekerjaan kamu. Namun, jika hanya sekadar gengsi, sebaiknya tahan dulu keinginan kamu tersebut.

Sebagai contoh, jika penghasilan kamu selama sebulan kurang lebih sebesar Rp3 juta, artinya kamu punya alokasi dana untuk cicilan sebesar Rp900 ribuan. Namun, sebelum mengajukan kredit hp online tanpa DP dan tanpa syarat kartu kredit sekalipun, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengambil tawaran kredit hp online.

Bunga flat dan transparan di awal

Sebaiknya pahami mekanisme yang sudah diatur oleh kreditur, sehingga kamu sebagai debitur benar-benar memahami berapa bunga kredit yang harus dicicil, berapa denda yang harus dibayarkan jika terlambat membayar cicilan, dan berapa total biaya yang harus dibayarkan jika ingin melunasi lebih awal. Hal-hal ini seperti ini mungkin tidak penting namun ada baiknya kamu minta transparansi dari penyedia jasa kredit instan yang memberikan kemudahan kredit HP secara online.

Tidak ada biaya admin bulanan atau pun tahunan

Kredit instan memang tidak sama dengan kartu kredit yang memiliki beban admin dan juga biaya member tahunan. Namun tidak sedikit juga kredit instan yang memberikan biaya admin ataupun biaya member tahunan. Untuk itu, agar kamu bisa mendapatkan manfaat dari kredit instan online, sebaiknya pahami dulu produknya sebelum mengajukan cicilan handphone idaman kamu dengan menggunakan fasilitas cicilan handphone secara online.

Tidak perlu syarat DP atau syarat kartu kredit

Beberapa kredit konvensional memiliki aturan yang sangat ketat terkait dengan analisa calon debitur. Analisa tersebut dilakukan untuk menghindari kredit macet atau gagal melanjutkan cicilan. Namun terkadang analisa yang ketat tersebut menjadi bumerang karena calon debitur kesulitan untuk mengajukan cicilan.

Sebagai salah satu solusinya, hadirlah kredit instan online sebagai salah satu terobosan terhadap hambatan-hambatan yang ada di lapangan. Kredit instan online memberikan kemudahan bagi para calon debitur karena tidak memberikan syarat yang amat sulit. Dengan mengajukan kredit instan secara online, calon debitur tidak perlu lagi memberikan DP apalagi mencantumkan kartu kredit sebagai salah satu syarat untuk mengajukan kredit hp online.

Pilihan tenor sesuai dengan kemampuan

Cicilan kredit handphone secara online tidak berbeda jauh dengan kredit menggunakan kartu kredit. Kredit instan memiliki beberapa keunggulan misalnya, kamu bisa mencicil tanpa bunga alias 0% dengan tenor selama 30 hari.

Namun jika kamu ingin mengambil tenor yang lebih panjang, beberapa layanan kredit instan online seperti Kredivo memberikan tenor cukup panjang untuk cicilan produk elektronik mulai dari 3 bulan, 6 bulan, sampai dengan 12 bulan. Limit kredit yang diberikan pun bisa mencapai 20 juta rupiah jika persyaratan yang diajukan lengkap dan memenuhi kriteria.

Dengan kemudahan tersebut sebaiknya kamu juga menyesuaikan cicilan dengan kemampuan. Beberapa pakar perencanaan keuangan berkali-kali memberikan saran terbaik bahwa idealnya jumlah cicilan tidak lebih dari 30% penghasilan.

Jika kamu nekat untuk mengajukan kredit HP online tanpa memikirkan kemampuan, dikhawatirkan neraca keuangan kamu selama beberapa bulan kedepan akan sangat terpengaruh. Selain itu kamu harus memikirkan hal lain selain cicilan handphone, mulau dari investasi, membayar pajak, hingga menyisihkan uang untuk dana darurat dan kebutuhan lainnya.

Data pribadi dan transaksi dijamin aman

Salah satu keunggulan kredit instan antara lain adalah debitur dan kreditur tidak perlu bertemu atau bertatap muka. Kreditur pun tidak perlu melakukan survei. Debitur bisa mengajukan kredit HP online kapan saja tidak dibatasi oleh tempat dan waktu.

Pengajuan kredit handphone secara online bukan berarti tidak ada syarat. Beberapa syarat mendasar yang harus dipenuhi misalnya seperti kartu tanda penduduk, data penghasilan atau keterangan bekerja, dan yang terakhir adalah histori transaksi belanja di beberapa e-commerce merchant online di Indonesia.

Meskipun pendaftaran dilakukan secara online namun data-data calon debitur dijamin aman seiring dengan perkembangan keamanan teknologi di dunia maupun di Indonesia. Semua data terenkripsi sehingga tidak mudah diambil atau dicuri.

Itulah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengajukan kredit atau cicilan handphone secara online. Pelajari kelebihan dan kekurangan kredit HP secara online yang memiliki syarat mudah tanpa harus membayarkan DP atau menunjukkan kartu kredit.

Hal tersebut jelas memberikan keuntungan buat kamu yang bekerja sebagai freelancer ataupun baru membangun karir pekerjaan demi masa depan yang lebih baik lagi. Jika kamu sudah memahaminya, barulah kamu bisa mengajukan cicilan handphone yang kamu idamkan untuk segera dimiliki pada awal tahu baru nanti.

Pertimbangkan Hal Ini Dulu Sebelum Ajukan Kredit HP Online | yazidku | 4.5